Langsung ke konten utama

M-Learning



M-Learning
Mobile learning merupakan paradigma baru dalam dunia pembelajaran. Model pembelajaran ini muncul untuk merespon perkembangan dunia teknologi informasi dan komunikasi, khususnya teknologi informasi dan komunikasi bergerak, yang sangat pesat belakangan ini. Selain itu tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini, divais komunikasi bergerak adalah salah satu perangkat yang lekat dengan kehidupan sehari-hari aktor pembelajaran seperti pengajar dan siswa. Aplikasi mobile lerning saat ini masih berada dalam tahap pengembangan dan dikaji oleh para pakar.
1.  Metode yang dipakai
Sistem m-learning yang dirancang akan mempunyai keistimewaan sebagai berikut.
1) Konten didisain secara khusus untuk lingkungan mobile dan tidak dengan serta
merta men-transfer dari konten yang ada;
2) Sistem m-learning dengan memperhatikan karakteristik pengguna
3) Memanfaatkan waktu idle yang dapat terhenti dan diteruskan sewaktu-waktu
4) Tujuan konten m-learnig bukan untuk “memahamkan” tapi lebih ke
“mengingatkan”;
5) Sistem keamanan sistem perangkat lunak dengan membatasi (membagi hak) akses
pemakai yang diaplikasikan pada fungsi login
6) Perangkat lunak dapat diakses secara multi user (client server)
7) Penggunan m-learning tidak terbatas oleh waktu dan ruang;
8) M-learning yang dikembangkan adalah sistem yang user friendly
Dengan keistimewaan tersebut di atas dapat meningkatkan kinerja sistem m-learning pada kemudahan dalam penggunaan oleh pemakai, penggunaan bersama m-learning dengan dibatasi hak akses akan mempercepat proses intri data pada proses bisnis m-learning.

2.  Device yang digunakan
-      Laptop
-      Handphone
-      PC

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaruh era digital

Kekuatan a.       Hemat. Kemudahan yang ditawarkan dari setiap kecanggihan teknologi digital sangat menguntungkan karena dapat memperkecil biaya yang harus dikeluarkan untuk sebuah hubungan sosial bermasyarakat. b.       Cepat. Dibandingkan dengan hal-hal yang harus dilakukan dengan secara langsung (tatap muka) , penggunaan teknologi digital dapat membuat semua keperluan menjadi lebih cepat. c.       Santai. Dengan banyaknya informasi dan kebutuhan yang dapat didapatkan dengan teknologi digital, waktu luang pun semakin banyak sehingga bisa lebih santai. d.       Ilmu Penggunaan teknologi digital juga sebagai media pembelajaran bagi masyarakat. Perlahan-lahan mulai mengetahui komputerisasi tanpa harus mempelajari detailnya di pendidikan formal. Kelemahan a.   Kejahatan    Teknologi digital dimanfaatkan sebagian orang untuk melakukan penipuan,...

Peran Pemuda Dalam Membangun Indonesia

  Pemuda adalah suatu generasi yang dipundaknya terbebani bermacam-macam harapan, terutama dari generasi lainnya . Pemuda diharapkan sebagai generasi penerus , generasi yang akan melanjutkan perjuangan generasi sebelumnya , generasi yang harus mengisi dan melangsungkan estafet pembangunan secara terus menerus.   Dalam sejarah bangsa Indonesia, peran pemuda telah banyak menumpahkan tinta sebagai factor ikut campurnya mereka dalam perjuangan Indonesia. Dimulai dengan perubaan orientasi perjuangan bangsa dalam mencapai kemerdekaan. Berikut definisi dari peran-peran pemuda yang pernah terjadi dalam pembangunan di Indonesia ;   "Budi Utomo 20 Mei 1908"     Budi Utomo adalah sebuah organisasi pemuda yang didirikan oleh Dr. Sutomo dan para mahasiswa STOVIA yaitu Goenawan Mangoenkoesoemo dan Soeraji pada tanggal 20 Mei 1908. Digagaskan oleh Dr. Wahidin Sudirohusodo. Organisasi ini bersifat sosial, ekonomi, dan kebudayaan tetapi tidak bersi...

Arsitektur Web Dan Aplikasi Utama

Arsitektur Web merupakan struktur rancangan (desain) web agar dapat tersusun suatu informasi yang tepat (terorganisasi) dan mudah ditemukan isinya. Dimana struktur rancangan harus memenuhi beberapa aspek antara lain form, fungsi, navigasi, interface, interaksi, visual, dan maksud informasi itu sendiri, yang akan dibangun dalam sebuah web (www.usemod.com). Sepintas, definisi arsitektur informasi menyerupai definisi sebuah buku. Dimana sebuah buku adalah informasi yang isinya dibagi atau diorganisasikan dalam suatu bab, dan bab-bab terdiri dari subbab-subbab yang ditunjukkan pada daftar isi. Namun arsitektur informasi web jelas berbeda dengan buku. Atau suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs yang, seperti arsitektur itu sendiri, melibatkan teknis, kriteria estetis dan fungsional. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah benar pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian khusus pada konten web, rencana bisnis, kegunaan, desa...