Langsung ke konten utama

Perang Sampit

Assallammualaikum wr wb disini saya akan menceritakan  sedikit , sebab terjadinya masalah sosial dan budaya yang pernah terjadi di Indonesia seperti hal nya "Perang Sampit". Kerusuhan yang terjadi di sampit hanyalah salah satu rangkaian peristiwa kerusuhan yang terjadi oleh etnis.


Beberapa tahun sebelumnya suku madura (pendatang) pernah bentrok dengan suku melayu di Sambas,tapi pendatang tetap eksis di sana.suku melayu mengalah atau kalah.
Kejadian kedua kalinya terjadi dengan suku dayak (penduduk asli) yang tidak suka dengan kelakuan pendatang karena :
1. Menguasai tanah dengan kecurangan
2. Lebih sukses dalam ekonomi dengan membodohi penduduk asli.
3. Mengubah nama kota SAMPIT jadi SAMPANG II (nama kota di P.Madura) tindakan yang menyakitkan hati penduduk asli.
4. Kelakuan lainnya yang menyakitkan perasaan , hati, martabat, harga diri penduduk asli, seperti mengambil ternak, panen penduduk asli, memperkosa anak gadis penduduk asli, kelakuan kurang ajar lainnya dengan perempuan penduduk asli, serta perbuatan-2 yang melanggar hukum adat disana.
Intinya memperlakukan penduduk asli sebagai orang asing.
Kelakuan-kelakuan yang tidak baik tersebut memuncak dan makin sering dilakukan pendatang sehingga semua suku asli disana bersatu mengusir pendatang tanpa pandang bulu, karena pendatang tetap bercokol malahan menantang penduduk asli makanya terjadi bentrokan fisik dan pembantaian dari suku Dayak terhadap suku Madura tanpa belas kasihan dan tanpa pandang bulu.

Tanggapan :
Berkelakuanlah seperti manusia yang berakal sehat dan mempunyai rasa toleransi yang tinggi terhadap budaya orang.

Solusi :
  Perbaikan pada manajemen konflik agar mampu mengurangi konflik yang terjadi antara kelompok minoritas dengan minoritas maupun antara kelompok minoritas dengan mayoritas. Misalnya di adakan manajemen konflik pada suku dayak dan suku Madura yang merupakan kelompok mayoritas, sehingga suku dayak tidak merasa di diskriminasikan.
Mengenali dan mencintai budaya lain dengan pengenalan budaya seperti misalnya suku Madura di pertunjukan tari-tarian suku dayak agar kedua suku tersebut bisa memiliki simpati satu sama lain. 


Sumber :
http://ayuriyantii.blogspot.com/2012/12/konflik-antar-suku-dan-cara-mengatasinya.html di akses pada tanggal 27/09/2014

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Etnosentrisme

Etnosentrisme adalah sikap yang menggunakan pandangan dan cara hidup dari sudut pandangnya sebagai tolok ukur untuk menilai kelompok lain. Apabila tidak dikelola dengan baik, perbedaan budaya dan adat istiadat antarkelompok masyarakat tersebut akan menimbulkan konflik sosial akibat adanya sikap etnosentrisme. Sikap tersebut timbul karena adanya anggapan suatu kelompok masyarakat bahwa mereka memiliki pandangan hidup dan sistem nilai yang berbeda dengan kelompok masyarakat lainnya. Atau kecenderungan yang menganggap nilai-nilai dan norma-norma kebudayaannya sendiri  sebagai suatu yang prima, yang terbaik, mutlak dan dipergunakannya sebagai tolak ukur untuk membedakannya dengan kebudayaan lain. Etnosentrisme nampaknya merupakan gejala sosial yang bersifat universal dan secara tidak sadar telah kita lakukan.Dengan demikian etnosentrisme merupakan kecenderungan tak sadar untuk menilai atau membandingkan budaya yang satu dan yang lainnya. Etnosentrisme merupakan bisa dibilang dasar id

Penggunaan Dan Pemanfaatan Internet

Internet bisa dikatakan sebagai media mencari segala informasi pada saat ini.mengingat Internet menjadi salah satu kebutuhan pokok ketika orang mengerti akan pengertian dan juga kegunaannya, sehingga dengan adanya internet ini, semua orang berkesempatan memanfaatkan Internet untuk kepentingan - kepentingan dan juga kebutuhan mereka secara mudah yang tentunya membututhkan internet. Kegunaan Internet secara umum Pada umumnya Internet digunakan untuk bisa terhubung dengan jaringan komputer di seluruh dunia dan sebagai media komunikasi. Kegunaan Internet Internet mempunyai banyak kegunaan yang menguntungkan dalam berbagai bidang(bisnis, akademis, pemerintahan, organisasi, dsb) antara lain : Informasi yang didapatkan lebih cepat dan murah dengan menggunakan berbagai aplikasi antara lain :   email, NewsGroup, www, FTP. Dll Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi, contoh : koran, majalah dan brosur. Sebagai media promosi, contoh : pengenalan dan peme