Langsung ke konten utama

Manusia Dan Kebudayaan



Hampir Punahnya Tari Tradisional
           Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang beberapa tarian adat Indonesia yang keberadaannya sudah jarang sekali kita temui dan bahkan nyaris punah.
1. Tari cokek

Kesenian Betawi yang satu ini sudah nyaris punah, perpaduan antara etnis betawi, banten, dan cina. Lahir di Tangerang pada awal abad ke 19, dimainkan oleh 3-7 orang baik wanita maupun pria. Pakaian yang dikenakan warnanya sangat mencolok dan meriah, saat menarikannya diiringi dengan alat musik gambang kromong.

2. Tari saman gayo
Tarian yang sangat terkenal ini sebenarnya adalah versi modern yang dimainkan oleh pria dan wanita. Sedang versi asli/tradisional yang sudah ada sejak abad ke 13 ini sedang mengalami masa kritis menuju kepunahannnya. Hanya sedikit orang yang tahu benar tari saman yang asli.

3. Tari lesung
Beasal dari banten, sesuai dengan namanya tarian ini menggunakan lesung sebagai alat musiknya. Dipakai saat sedangan perayaan panen, bisa dibilang terancam punah karena kalau dulu yang memainkan anak-anak, kini yang memainkannya adalah orang tua. Artinya jika orang tua itu meninggal maka budaya ini ikut punah.

4. Tari topeng malangan
Sama dengan tari cokek, tari topeng malangan makin hari makin sedikit peminatnya. Tari topeng ini merupakan perpaduan antara budaya jawa tengah, jawa barat, dan jawa timur. Gerakan dan alunan musiknya sangat dinamis, biasa dipakai sebagai tarian pembuka.

5. Tari dalling
Tarian selamat datang milik suku Bajau, kalimantan timur ini keadaannya sudah sangat kritis. Tarian ini sudah jarang dipentaskan di masyarakat, walau banyak yang mengetahui tentang tarian ini. Kalau tidak ada regenerasi, maka dalam waktu singkat maka tari dalling akan punah.

Selain 5 tarian di atas, masih ada ratusan tarian yang nyaris punah. Bahkan sudah ada puluhan tarian yang sudah punah. Semoga para muda dan mudi Indonesia melestarikan tarian tradisional

Daftar  pustaka:
Buku yang saya baca

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Etnosentrisme

Etnosentrisme adalah sikap yang menggunakan pandangan dan cara hidup dari sudut pandangnya sebagai tolok ukur untuk menilai kelompok lain. Apabila tidak dikelola dengan baik, perbedaan budaya dan adat istiadat antarkelompok masyarakat tersebut akan menimbulkan konflik sosial akibat adanya sikap etnosentrisme. Sikap tersebut timbul karena adanya anggapan suatu kelompok masyarakat bahwa mereka memiliki pandangan hidup dan sistem nilai yang berbeda dengan kelompok masyarakat lainnya. Atau kecenderungan yang menganggap nilai-nilai dan norma-norma kebudayaannya sendiri  sebagai suatu yang prima, yang terbaik, mutlak dan dipergunakannya sebagai tolak ukur untuk membedakannya dengan kebudayaan lain. Etnosentrisme nampaknya merupakan gejala sosial yang bersifat universal dan secara tidak sadar telah kita lakukan.Dengan demikian etnosentrisme merupakan kecenderungan tak sadar untuk menilai atau membandingkan budaya yang satu dan yang lainnya. Etnosentrisme merupakan bisa dibilang dasar id

Penggunaan Dan Pemanfaatan Internet

Internet bisa dikatakan sebagai media mencari segala informasi pada saat ini.mengingat Internet menjadi salah satu kebutuhan pokok ketika orang mengerti akan pengertian dan juga kegunaannya, sehingga dengan adanya internet ini, semua orang berkesempatan memanfaatkan Internet untuk kepentingan - kepentingan dan juga kebutuhan mereka secara mudah yang tentunya membututhkan internet. Kegunaan Internet secara umum Pada umumnya Internet digunakan untuk bisa terhubung dengan jaringan komputer di seluruh dunia dan sebagai media komunikasi. Kegunaan Internet Internet mempunyai banyak kegunaan yang menguntungkan dalam berbagai bidang(bisnis, akademis, pemerintahan, organisasi, dsb) antara lain : Informasi yang didapatkan lebih cepat dan murah dengan menggunakan berbagai aplikasi antara lain :   email, NewsGroup, www, FTP. Dll Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi, contoh : koran, majalah dan brosur. Sebagai media promosi, contoh : pengenalan dan peme