Langsung ke konten utama

TV DIGITAL DAN TV ANALOG


1. Perbedaan TV Digital dan TV Analog

TV Digital
1.      Sinyal Televisi : Modulasi digital dan kompresi video, audio dan data.
2.      Format standar Televisi Digital 16:9 (TV biasa 4:3) dan surround-sound 5.1 Dolby Digital.
3.      Serat Optik
TV Analog
1.      Sinyal Televisi : Mengkodekan dengan memvariasikan voltase atau frekuensi
2.      NTSC(National Television System Committee), PAL dan SECAM
Perbedaan TV Digital dengan TV Analog terletak pada :
1.      Penerimaan gambar
2.      Sistem Transmisi
3.      Penerimaan sinyal
4.      Resolusi gambar
5.      Jumlah pixel
Perbedaan yang paling mendasar antara sistem penyiaran televisi analog dan digital terletak pada penerimaan gambar lewat pemancar.
1.      Pada sistem analog, semakin jauh dari stasiun pemancar televisi, sinyal akan melemah dan penerimaan gambar menjadi buruk dan berbayang.
2.      Sedangkan pada sistem digital, siaran gambar yang jernih akan dapat dinikmati sampai pada titik dimana sinyal tidak dapat diterima lagi.

2. Cara pemakaian ke User

TV Analog
  • Sebuah kamera video (camcorder) mengambil gambar. Kita menyebut proses pengambilan gambar ini sebagai shooting.
  • Kamera pada kamera video meraster gambar-gambar shooting tersebut, yaitu mengubah gambar menjadi barisan titik-titik tunggal yang disebut piksel. Tiap-tiap piksel ini mengandung informasi tentang warna dan intensitas.
  • Deretan piksel ini digabungkan dengan sinyal sinkronisasi, yang terdiri atas sinyal sinkronisasi horizontal (horizontal sync) dan sinyal sinkronisasi vertikal (vertikal sync), sehingga rangkaian elektronika dalam pesawat televisi kita dapat menampilkan deretan piksel-piksel gambar hasil tangkapan camcorder.
TV Digital
  • Receiver menerima pancaran data digital dalam format MPEG-2 terenkripsi
  • Data masuk ke conditional access module, yang berisi algoritma pembuka enkripsi
  • Conditional access module memeriksa smart card yang berisi otorisasi pelanggan
  • Bila otorisasi diterima, conditional access module membuka data. Jika kode ditolak data tetap teracak/terenkripsi
  • Receiver melakukan decoding data dan menampilkannya.

3. Proses Produksi

Peluncuran pesawat TV digital yang pertama pada 9 Juni lalu. Perusahaan elektronik PT LG Electronics Indonesia (LGEIN) sekaligus meluncurkan dua versi TV digital pertamanya di Indonesia, yaitu seri 47LH50YD dan 55LH50YD.
Kedua pesawat TV ini sudah dilengkapi dengan tuner atau penerima siaran digital secara langsung, tidak perlu lagi menggunakan penerima khusus seperti set-top box (STB). Pengguna tinggal menancapkan antena yang biasa digunakan pada TV analog pada port-nya dan proses pemrograman otomatis (autotuning) sudah bisa dilaksanakan sama seperti TV konvensional.
TV digital pertama ini sekaligus menunjang siaran TV digital yang dicanangkan pada 20 Mei lalu, di mana selama ini penangkapan siaran percobaan ini masih menggunakan STB. Untuk siaran tidak berger (fixed reception) ini ditunjuk dua konsorsium, yaitu Konsorsium TVRI-Telkom dan Konsorsium Televisi Digital Indonesia. Secara total, yang mengudara saat itu ada 12 stasiun dan gambar bisa ditangkap di sekitar kawasan Jabodetabek.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Etnosentrisme

Etnosentrisme adalah sikap yang menggunakan pandangan dan cara hidup dari sudut pandangnya sebagai tolok ukur untuk menilai kelompok lain. Apabila tidak dikelola dengan baik, perbedaan budaya dan adat istiadat antarkelompok masyarakat tersebut akan menimbulkan konflik sosial akibat adanya sikap etnosentrisme. Sikap tersebut timbul karena adanya anggapan suatu kelompok masyarakat bahwa mereka memiliki pandangan hidup dan sistem nilai yang berbeda dengan kelompok masyarakat lainnya. Atau kecenderungan yang menganggap nilai-nilai dan norma-norma kebudayaannya sendiri  sebagai suatu yang prima, yang terbaik, mutlak dan dipergunakannya sebagai tolak ukur untuk membedakannya dengan kebudayaan lain. Etnosentrisme nampaknya merupakan gejala sosial yang bersifat universal dan secara tidak sadar telah kita lakukan.Dengan demikian etnosentrisme merupakan kecenderungan tak sadar untuk menilai atau membandingkan budaya yang satu dan yang lainnya. Etnosentrisme merupakan bisa dibilang dasar id

Penggunaan Dan Pemanfaatan Internet

Internet bisa dikatakan sebagai media mencari segala informasi pada saat ini.mengingat Internet menjadi salah satu kebutuhan pokok ketika orang mengerti akan pengertian dan juga kegunaannya, sehingga dengan adanya internet ini, semua orang berkesempatan memanfaatkan Internet untuk kepentingan - kepentingan dan juga kebutuhan mereka secara mudah yang tentunya membututhkan internet. Kegunaan Internet secara umum Pada umumnya Internet digunakan untuk bisa terhubung dengan jaringan komputer di seluruh dunia dan sebagai media komunikasi. Kegunaan Internet Internet mempunyai banyak kegunaan yang menguntungkan dalam berbagai bidang(bisnis, akademis, pemerintahan, organisasi, dsb) antara lain : Informasi yang didapatkan lebih cepat dan murah dengan menggunakan berbagai aplikasi antara lain :   email, NewsGroup, www, FTP. Dll Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi, contoh : koran, majalah dan brosur. Sebagai media promosi, contoh : pengenalan dan peme