Langsung ke konten utama

Pengaruh era digital



Kekuatan
a.      Hemat.
Kemudahan yang ditawarkan dari setiap kecanggihan teknologi digital sangat menguntungkan karena dapat memperkecil biaya yang harus dikeluarkan untuk sebuah hubungan sosial bermasyarakat.
b.      Cepat.
Dibandingkan dengan hal-hal yang harus dilakukan dengan secara langsung (tatap muka) , penggunaan teknologi digital dapat membuat semua keperluan menjadi lebih cepat.
c.      Santai.
Dengan banyaknya informasi dan kebutuhan yang dapat didapatkan dengan teknologi digital, waktu luang pun semakin banyak sehingga bisa lebih santai.
d.      Ilmu
Penggunaan teknologi digital juga sebagai media pembelajaran bagi masyarakat. Perlahan-lahan mulai mengetahui komputerisasi tanpa harus mempelajari detailnya di pendidikan formal.
Kelemahan
a.   Kejahatan
   Teknologi digital dimanfaatkan sebagian orang untuk melakukan penipuan, penculikan dan kejahatan-kejahatan lain yang membahayakan orang lain.
b.   Kerahasiaan
     Pembicaraan melalui telepon bisa diketahui dengan kecanggihan teknologi digital sehingga tidak ada jaminan kerahasiaan.
c.   Kecanduan
     Kemudahan dalam menggunakan teknologi digital selalu membuat rasa ketagihan sehingga tanpa disadari, tidak ada hari tanpa penggunaan teknologi digital.
d.   Konsentrasi
     Jejaring-jejaring sosial yang ada dalam teknologi digital membuat pengguna asik bermain dan mengurangi konsentrasi dalam beraktifitas.
     Peluang
a.   Uang
     Alangkah bijaksananya jika segala kecanggihan teknologi digital dimanfaatkan untuk bisnis yang menghasilkan uang.
b.   Informasi
     Tidak perlu takut ketinggalan informasi karena dengan teknologi digital dapat mencari informasi seluas-luasnya tanpa batasan waktu dari informasi yang diinginkan.
c.   Teman baru
     Jejaring sosial yang ditawarkan dalam teknologi digital memudahkan pengguna untuk mencari teman sebanyak-banyaknya dari seluruh penjuru dunia tanpa harus bertatap muka secara langsung.
d.   Investasi
      Sebagian teknologi digital harganya mahal, sehingga bagi yang berjiwa bisnis tentunya akan melihat era ini sebagai peluang besar untuk investasi dengan cara menyewakan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Hambatan
a.    Semakin maju
     Untuk kepentingan gengsi, teknologi digital semakin lama semakin maju dan jika terus menerus mengikuti arusnya maka akan sangat memberatkan. Jadi sebaiknya membeli alat-alat berteknologi digital sesuai dengan kebutuhan saja, atau bisa dengan pintar memilah-milah.
b.   Hukum
       Kejahatan yang mudah dilakukan dengan kecanggihan teknologi digital membuat masyarakat harus berhati-hati agar tidak tergiur dengan semua itu karena ada hokum yang berlaku di Negara ini.
 c.    Kesehatan
       Teknologi digital membuat kita malas bergerak, sehingga kesehatan yang dibutuhkan dari gerak tubuh seperti olahraga tentunya akan menurun.
d.    Biaya
     Harga beberapa alat-alat yang berteknologi digital sangat mahal sehingga harus memiliki uang banyak untuk membelinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Etnosentrisme

Etnosentrisme adalah sikap yang menggunakan pandangan dan cara hidup dari sudut pandangnya sebagai tolok ukur untuk menilai kelompok lain. Apabila tidak dikelola dengan baik, perbedaan budaya dan adat istiadat antarkelompok masyarakat tersebut akan menimbulkan konflik sosial akibat adanya sikap etnosentrisme. Sikap tersebut timbul karena adanya anggapan suatu kelompok masyarakat bahwa mereka memiliki pandangan hidup dan sistem nilai yang berbeda dengan kelompok masyarakat lainnya. Atau kecenderungan yang menganggap nilai-nilai dan norma-norma kebudayaannya sendiri  sebagai suatu yang prima, yang terbaik, mutlak dan dipergunakannya sebagai tolak ukur untuk membedakannya dengan kebudayaan lain. Etnosentrisme nampaknya merupakan gejala sosial yang bersifat universal dan secara tidak sadar telah kita lakukan.Dengan demikian etnosentrisme merupakan kecenderungan tak sadar untuk menilai atau membandingkan budaya yang satu dan yang lainnya. Etnosentrisme merupakan bisa dibilang dasar id

Penggunaan Dan Pemanfaatan Internet

Internet bisa dikatakan sebagai media mencari segala informasi pada saat ini.mengingat Internet menjadi salah satu kebutuhan pokok ketika orang mengerti akan pengertian dan juga kegunaannya, sehingga dengan adanya internet ini, semua orang berkesempatan memanfaatkan Internet untuk kepentingan - kepentingan dan juga kebutuhan mereka secara mudah yang tentunya membututhkan internet. Kegunaan Internet secara umum Pada umumnya Internet digunakan untuk bisa terhubung dengan jaringan komputer di seluruh dunia dan sebagai media komunikasi. Kegunaan Internet Internet mempunyai banyak kegunaan yang menguntungkan dalam berbagai bidang(bisnis, akademis, pemerintahan, organisasi, dsb) antara lain : Informasi yang didapatkan lebih cepat dan murah dengan menggunakan berbagai aplikasi antara lain :   email, NewsGroup, www, FTP. Dll Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi, contoh : koran, majalah dan brosur. Sebagai media promosi, contoh : pengenalan dan peme